Perangkat Hybrid atau bisa kita bilang sebagai dua perangkat yang menjadi satu adalah salah satu perangkat yang sangat gencar diperbarui oleh para perusahaan teknologi termuka. sebagai contohnya seperti Microsoft Surface, Asus Transformer, Axioo Windroid, Lenovo Mix dan masih banyak lagi device yang tidak bisa saya sebutkan karena terlalu banyak :v.

image

Kita kembali ke perangkat hybrid jadi apa itu perangkat hybrid ?, perangkat hybrid adalah perangkat yang merupakan gabungan dari dua perangkat seperti Laptop dan Tablet sampai PC dan Smartphone. namun perangkat hybrid juga memiliki kekurangan dalam biaya hardware yang cukup mahal dan membuat banyak orang semakin bingung dan memikirkan apakah perangkat ini cocok untuk saya ?.

Perangkat Hybrid memiliki kemiripan dengan perangkat mobile karena tingkat mobilitas dari kedua perangkat ini hampir sama, terlebih lagi perangkat hybrid mirip seperti perangkat portable dari gabungan dua perangkat jadi kita akan sulit untuk memilih kedua perangkat tersebut.

Yang jelas perangkat hybrid memiliki kelebihan dalam menghadirkan dua ekosistem yang berbeda dalam satu perangkat, ini terbukti dalam beberapa produk seperti yang saya tuliskan diatas.

Namun janganlah kalian berbangga dengan perangkat hybrid karena perangkat hybrid terkadang lebih cepat rusak bahkan tidak sesuai dengan ekspetasi yang sebelumnya pernah anda bayangkan.


Mau lepas layar gunakan Safety Remove

Perangkat Hybrid tak luput dari sebuah kekurangan bahkan kekurangan tersebut bisa dianggap masalah besar jika hal ini disepelekan, melepas layar tanpa menggunakan safety remove adalah salah satu masalah besar bagi seluruh perangkat hybrid. karena docking keyboard khususnya magnetic bisa saja rusak karena dilepas begitu saja tanpa adanya safety remove.

Untuk pengguna Microsoft Surface Book ini bukanlah sebuah masalah karena Microsoft telah menghadirkannya fitur tersebut yang sudah pasti menang dari produk lainnya, namun bagaimana dengan perangkat yang lain itu tergantung dari cara anda melepas layar tersebut.

image

Jangan dipaksakan jika tidak kuat

Perangkat Hybrid memiliki perbedaan yang sangat spesifik dalam menjalankan sebuah pemrosesan aplikasi jika dibandingkan dengan Laptop, karena sedikit saja ada kesalahan maka perangkat anda bisa saja tidak bisa digunakan sama sekali.

Biaya perbaikannya pun tidak semurah memperbaiki laptop, karena komponennya yang kecil dan sudah terpasang langsung di mainboard menjadi faktor utama kenapa jika ada kerusakan maka harus diganti secara keseluruhan.

image

Belum lagi untuk masalah aplikasi yang tidak compatible di beberapa perangkat hybrid yang sudah pernah di posting dimana - mana dan tersebar di seluruh media manapun, karena beberapa aplikasi memang ada saja yang tidak compatible dengan perangkat hybrid karena masalah spesifikasinya yang rendah bahkan tidak sesuai dengan persyaratan minimum penggunaan aplikasi.

Sehingga banyak orang berlomba - lomba untuk mencari solusi bagaimana aplikasi itu agar bisa berjalan di perangkat hybrid saya tanpa lagi melihat apa dampak yang akan saya terima jika hal ini terus dilakukan secara berkelanjutan ?.

image

Gambar hanya sebuah ilustrasi saja

Lebih baik gunakanlah Perangkat Hybrid kamu seperlunya, jangan gunakan untuk yang aneh - aneh atau mencoba untuk melakukan kegiatan yang hampir mirip seperti Overclock karena bisa saja percobaan itu membuat device anda mati tidak berdaya.

Gunakanlah perangkat Hybrid seperti perangkat Hybrid

Perangkat Hybrid adalah Perangkat Hybrid itu sendiri namun jangan salahkan si penjual jika Perangkat Hybrid kamu rusak karena kamu menggunakan perangkat Hybrid seperti menggunakan Perangkat Laptop dan jelas itu salah.

Dalam beberapa kasus seperti Acer One 10 milik saya seperti yang pernah di posting di WinPoin, Acer One 10 saya juga pernah memiliki kerusakan sejak seminggu setelah artikel itu dirilis. ya tapi sangat disayangkan pihak Service Center justru malah memarahi saya karena penggunaannya yang tidak tepat.

Perangkat Hybrid tidak sama seperti Laptop ataupun PC karena spesifikasinya yang sudah jauh berbeda, kelebihannya ada hanya satu dan terletak di penyimpanannya yang sudah pasti menggunakan penyimpanan data sejenis SSD ataupun eMMC.

Jika anda memiliki kebiasaan seperti itu maka jauhkanlah kebiasaan tersebut karena hal itu bisa merusak perangkat kamu dan jangan salahkan saya jika saya memposting artikel ini karena hal ini saya dapatkan dari fakta yang saya dapatkan mbak - mbak ASCC.

Tentang Penulis

Gravatar Profile Image

Ambrizal Suryadinata

Perkenalkan nama saya Ambrizal Suryadinata lahir pada tanggal 19 Agustus 199x di Denpasar, Bali. Jika ditanya "asal kamu dari mana ?" maka saya akan bingung menjawabnya karena bapak dari orang tua saya adalah orang kelahiran Bali dan ibu dari orang tua saya adalah orang kelahiran jawa.

Read more Open Linkedin

Recent Comment



Instagram