Graphic Card merupakah salah satu hardware paling dibutuhkan jika penggunanya menginginkan sebuah ekspetasi yang luar biasa dalam bidang multimedia.

Graphic Card juga tidak hadir dengan jenis dan brand yang sama, banyak sekali Graphic Card yang dijual di pasaran, namun bagaimana cara memilih Graphic Card yang tepat untuk kebutuhan sehari - hari.

1. Tentukan jenis Graphic Card berdasarkan Monitor yang digunakan 

Jika kamu adalah orang yang memiliki uang yang sangat mepet untuk membeli sebuah graphic card yang berkualitas berdasarkan kebutuhan sehari - hari, kamu perlu untuk melihat monitor apa yang kamu gunakan.

Kenapa ?, karena setiap monitor yang pernah dijual di pasar seluruh dunia termasuk Indonesia. ada monitor yang memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda, hal yang biasanya dijadikan patokan untuk menentukan sebuah graphic card berdasarkan monitor adalah dimensi layar dan resolusinya.

Semakin tinggi resolusi dan dimensi layarnya maka makin besar juga kewajiban untuk membeli Graphic Card kelas Mid - End keatas, namun jika sebaliknya maka maka makin besar juga kewajiban untuk membeli Graphic Card kelas Mid - Low kebawah.

2. Tentukan spesifikasi berdasarkan kebutuhan penggunaan Aplikasi

Kebutuhan penggunaan aplikasi tertentu seperti mengedit video menggunakan adobe premiere, memperganteng muka menggunakan photoshop, serta seberapa powerfullnya game yang dimainkan akan menjadi patokan yang digunakan untuk menentukan spesifikasi graphic card apa yang saya harus gunakan.

Pada graphic card terdapat spesifikasi yang bernama memori interface atau yang biasa kita kenal dengan DDR3 sampai GDDR5, pemilihan memori interface ini akan berpengaruh dengan kecepatan memproyeksikan gambar dari PC ke monitor. jadi semakin tinggi memori interfacenya maka semakin mulus animasi graphicnya.

Lalu selanjutnya yaitu Memory Interface Width atau sering kita kenal dengan jumlah bit pada VGA, pentingnya memilih Memory Interface Width yang tinggi akan mempengaruhi kualitas gambar yang akan diproyeksikan ke monitor.

Tentang Penulis

Gravatar Profile Image

Ambrizal Suryadinata

Perkenalkan nama saya Ambrizal Suryadinata lahir pada tanggal 19 Agustus 199x di Denpasar, Bali. Jika ditanya "asal kamu dari mana ?" maka saya akan bingung menjawabnya karena bapak dari orang tua saya adalah orang kelahiran Bali dan ibu dari orang tua saya adalah orang kelahiran jawa.

Read more Open Linkedin

Recent Comment



Instagram