Saya sebagai orang yang sedang kuliah ingin berbagi cerita sedikit mengenai dunia perkuliahan, dimana di dunia ini hampir banyak teman saya yang drop out karena suatu hal entah itu karena pelajaran yang didapat terlalu susah, jadwal yang gak selalu tetap, dosen yang beraneka ragam, sampai nikah muda.

Intro

Dunia Perkuliahan itu adalah dunia dimana mahasiswa atau seseorang belajar dalam menambah ilmu pengetahuan, mahasiswa dituntut untuk tahu secara mandiri tentang materi apa saja yang akan diambil sebelum menyesal dikemudian hari, kenapa bisa begitu ?.

Karena di dunia ini tidak ada yang namanya hit and run, semuanya pasti akan digunakan dan berguna di mata kuliah selanjutnya atau pada saat kita menyusun sebuah skripsi yang katanya serem (karena belum pernah ngerasain :D).

Jadi ada beberapa hal yang saya ingin bagikan sebenarnya apa sih yang harus diketahui sampai saya ingin sekali membuat artikel seperti ini ?.

1. Jangan ikut - ikutan

Pada semester satu banyak sekali saya menemukan teman yang ikut - ikutan dalam mengambil jurusan perkuliahan, bahkan sampai - sampai ada saja yang masuk karena ingin dapat gelar sarjana.

Kemampuan seseorang baik itu kamu dengan ayah kamu pasti memiliki perbedaan, maka dari itu tidak semua orang yang sekolah di sini atau di situ memiliki kemampuan yang sama.

Contohnya seperti si A yang sangat pintar dalam pelajaran matematika dengan si B yang sangat pintar dalam pelajaran olahraga, disitu sudah terlihat kalau kemampuan seseorang memang berbeda maka dari itu usahakan jangan ikut - ikutan teman dalam memilih suatu perguruan tinggi atau universitas, karena dampaknya akan terasa pada semester tiga keatas.

2. Dosen dan Mahasiswa itu sederajat

Seluruh dosen yang pernah saya temui bahkan pembimbing saya sendiri sering mengatakan bahwa “Jangan takut sama dosen, karena Dosen dan Mahasiswa itu sama”. Pada semester satu saya benar - benar tidak percaya dengan kata - kata ini sampai suatu ketika kartu hasil studi semester satu saya keluar.

Kaget bukan main satu kelas dapat C semua, ntah bagaimana pikiran dari semua teman sekelas saya sehingga menimbulkan persepsi kalau dosen tersebut gak beres.

Pada dasarnya dosen tersebut memang gak beres karena selain gak bisa menjelaskan materi dengan baik bahkan soal dan tugas yang diberikan sangat tidak nyambung dengan apa yang dijelaskan.

Tapi tidak semua dosen seperti itu, ada dosen yang mau mengakui kesalahan dalam penyampaian materi dan ada juga dosen yang masih belajar dalam meningkatkan skill mengajarnya.

Anggap dosen itu sebagai temanmu, tapi ingat kamu juga harus lihat berapa umurnya sebelum bersikap karena sampai bersikap tidak senonoh kepada dosen yang sudah berumur tua maka nilai menjadi taruhannya.

3. Tidak semua jawaban dari suatu tugas itu sama

Akhirnya saya bisa mengerti kenapa pelajaran matematika itu susah, karena soal yang diberikan pasti hanya bisa diselesaikan dengan menggunakan rumus dari teori yang ada.

Pada dunia perkuliahan akan sangat jarang sekali menemukan tugas yang sekelas tebak - tebakan apalagi menghafal, apalagi jika kamu mengambil Strata 1 di suatu perkuliahan. Pastinya kamu diharuskan untuk melakukan analisis terlebih dahulu, memilih teori apa yang cocok untuk menyelasaikan masalah dari analisis tersebut, dan menulisnya hasil penyelesaiannya kedalam lembar jawaban.

4. Wajib berteman dengan banyak orang

Pada dunia perkuliahan setidaknya kamu memiliki satu sampai lima teman, namun jangan sampai kelima teman tersebut menjadi orang yang sering kamu ajak kumpul atau jalan - jalan. Karena kuliah wajib berkenalan dengan semua mahasiswa yang ada disana, kenapa demikian ?.

Karena tiap semester pasti kamu akan mendapatkan jadwal yang baru dengan kelas yang sudah pasti baru, dikelas yang baru kamu belum tentu bisa sekelas dengan teman yang kamu sudah tahu dari semester satu, belum lagi ada mahasiswa baru atau mahasiswa transfer yang masuk ke kelas kamu, dan akhirnya jika kamu gak punya temen dikelas itu maka akan sangat ribet dalam hal menyusun sebuah kelompok tugas.

Makanya saya sendiri yang pada dasarnya sebagai orang yang sering menyendiri cenderung lebih senang mendapatkan tugas individu dibandingkan tugas kelompok, karena kalau tugas kelompok saya mau kelompokan sama siapa ?.

Penutup

Singkat cerita pada bagian akhir, saya ingin memberi tahu kalau dunia perkuliahan itu hampir mirip seperti setengah dari kehidupan yang sebenarnya. apa yang kamu tempuh maka kamu harus hadapi semuanya meskipun itu ada konsekuensinya.

Semoga siapapun yang membaca artikel ini baik itu calon mahasiswa atau bukan, semoga ini menjadi manfaat karena dunia perkuliahan bukanlah dunia yang santai ataupun tempat untuk menghabiskan uang.

Sekian.

Tentang Penulis

Gravatar Profile Image

Ambrizal Suryadinata

Perkenalkan nama saya Ambrizal Suryadinata lahir pada tanggal 19 Agustus 199x di Denpasar, Bali. Jika ditanya "asal kamu dari mana ?" maka saya akan bingung menjawabnya karena bapak dari orang tua saya adalah orang kelahiran Bali dan ibu dari orang tua saya adalah orang kelahiran jawa.

Read more Open Linkedin

Recent Comment



Instagram