image


PC Setup, Setup PC, atau Meja PC merupakan beberapa istilah yang sering dipakai oleh orang - orang yang membuat penampilan PCnya menjadi lebih menarik dengan sedikit kreasi. Disisi lain istilah - istilah tersebut diartikan sebagai komponen yang digunakan oleh pengguna dalam kesehariannya dalam menggunakan PC. Jika dilihat dua penjelasan itu jelas sangat berbeda, karena yang satu menonjolkan segi estetika ataupun penampilan dan disisi lainnya menonjolkan spesifikasi yang digunakan. Dapat disimpulkan bahwa Setup PC merupakan sebuah rancangan dari sistem komputer yang mencakup hardware, peripheral, accessories, serta hiasan yang menjadi satu kesatuan.

Untuk membuat setup pc biasanya susah - susah gampang, karena jika salah satu komponen telah terpenuhi seperti tersedianya sebuah desktop pc bagaimana pun bentuk dan penempatannya sudah bisa dibilang sebagai sebuah setup pc. Yang menjadi tantangan tersendiri dalam membuat setup pc yaitu bagaimana caranya agar setup yang telah kita buat itu lebih menarik, rapi, bahkan nyaman saat kita sedang menggunakan PC untuk bekerja ataupun bermain.

1. Tentukan budget

Hal yang paling utama yaitu menentukan budget, budget sendiri merupakan sebuah patokan disaat kamu menentukan sebuah spesifikasi pc ataupun laptop yang di inginkan dan dekorasi atau accesories apa yang cocok disaat budget kita telah ditetapkan. Tanpa adanya ini mungkin kamu tidak bisa memikirkan apa yang akan terjadi kedepannya, namun hal itu tidak berlaku jika kamu menentukan budget akan tetapi dimasa depan akan terjadi upgrade pada komponen - komponen tertentu.

2. Tentukan spesifikasi yang cocok untuk kebutuhan

Berbicara mengenai spesifikasi mungkin itu adalah hal yang selalu diperbincangkan dan menjadi prioritas pertama dalam membuat sebuah setup pc, bukan untuk kepuasan orang lain tapi untuk kepuasaan tersendiri karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda - beda. Jika orang lain membutuhkan laptop karena sering di luar belum tentu saya sangat membutuhkan laptop karena saya sering diluar.

Disinilah kamu ditantang untuk melawan nafsu yang berlebihan karena jika budgetmu terbatas namun otomatis spesifikasi laptop atau pc yang dipilih akan semakin lebih rendah, jadi jika kamu memiliki budget terbatas maka cobalah untuk mencari tahu komponen apa - apa saja yang upgradable dimasa depan. Percayalah bottleneck hardware itu tidak seseram bottleneck program.

3. Tentukan konsep setup pc kamu

Sebelum masuk ke aksesoris dan peripheral sebaiknya kamu tentukan terlebih dahulu konsep setup pc kamu, karena pastinya gak semua setup pc yang ada sama, Jadi jika kamu punya sedikit ide tuliskan konsep tersebut di selembar kertas, gambar jika diperlukan. Pastikan konsep tersebut memang kamu akan implementasikan dan sesuai dengan kondisi ruangan yang kamu tempati.

4. Gunakan peripheral yang sudah sesuai selera

Peripheral yang terdapat pada PC mungkin saat ini bukanlah barang yang wajib untuk di beli, terkadang kita membutuhkan sebuah usb hub untuk memperbanyak port USB yang tersedia, lalu card reader biar bisa backup foto - foto mantan yang terkubur didalam smartphone, atau mouse vorte yang sudah punya fitur RGB yang bener - bener lengkap.Eitss tunggu dulu, semua itu tidak wajib untuk dibeli jadi gunakanlah peripheral yang dibutuhkan, kalau mau sedikit gengsi dikit bisa juga beli yang agak mahalan namun pertimbangkan lagi budgetnya yang telah ditentukan.

5. Cari atau buat aksesoris yang mendukung

Untuk urusan beginian kadang memiliki cara pandang yang berbeda - beda, misalnya jika saya seneng membeli aksesoris untuk konsep setup pc saya, mungkin orang lain bisa membuatnya dari bahan bekas ataupun limbah bekas indomie. Jika konsep setup pc kamu membutuhkan banyak dana mungkin kamu bisa buat sendiri aksesoris tersebut dengan bahan yang ada disekitarmu, seperti contohnya yaitu kotak lajada. Saya memang gemar sekali membeli barang lewat online, namun karena kotak - kotak tersebut sangat langka dan hanya bisa didapatkan kektika saya beli disana. Tidak ada salahnya saya menyulap kotak tersebut menjadi tempat penyimpanan kaset ataupun tempat penyimpanan hardisk.

Dari beberapa tips tersebut pada dasarnya tips tersebut adalah hal yang sudah kita ketahui, hanya saja kita yang belum mengimplementasikannya dan tidak salah untuk dituangkan sebagai sebuah artikel. Selain itu tips yang saya berikan juga telah di implementasikan dan sudah dilakukan sehingga saya telah puas dengan hasilnya. Daripada kita sibuk mikirin setup pc yang terlalu mahal tapi budget pas -passan mending pikirin gimana cara buat setup pc dengan budget segini tapi hasilnya wah.

Oke cukup sekian tulisan hari ini.

Tentang Penulis

Gravatar Profile Image

Ambrizal Suryadinata

Perkenalkan nama saya Ambrizal Suryadinata lahir pada tanggal 19 Agustus 199x di Denpasar, Bali. Jika ditanya "asal kamu dari mana ?" maka saya akan bingung menjawabnya karena bapak dari orang tua saya adalah orang kelahiran Bali dan ibu dari orang tua saya adalah orang kelahiran jawa.

Read more Open Linkedin

Recent Comment



Instagram