Bahasa pemrograman merupakan sebuah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer untuk mempermudah pengguna dalam menyelesaikan beberapa masalah statis maupun dinamis sehingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang sebenarnya kita inginkan. Bahasa pemrograman sendiri bukanlah bahasa yang baku. sama seperti bahasa - bahasa di dunia, bahasa pemrograman memiliki berbagai jenis mulai dari yang sederhana maupun rumit. Tetapi menurut saya bahasa pemrograman tidak ada yang sulit maupun terlalu mudah, semuanya sama saja seperti kita mentranslate bahasa indonesia ke bahasa inggris.

Saya mengatakan demikian karena dari sekian banyak bahasa pemrograman yang pernah saya lihat ataupun tulis, mereka memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Kalau tidak case sensitve atau case non-sensitive  mungkin dari cara penggunaannya saja yang sedikit berbeda. Seperti contohnya pascal dengan php, pascal memiliki bahasa pemrograman yang tidak sensitive dengan penggunaan huruf besar dan huruf kecil sedangkan php akan sangat berpengaruh jika terdapat penggunaan huruf besar ataupun huruf kecil

Tapi menurut orang - orang ataupun teman yang pernah saya ajari ataupun temui dalam melakukan problem solving pada bahasa pemrograman yang dikerjakan, banyak yang mengatakan bahwa java itu susah, pascal itu terlalu sederhana, apalagi jika visual basic .net ribet. Ya itu mungkin kata mereka, namun kata saya mungkin mengganggap bahwa itu biasa saja. Bukan karena saya terlalu pinter ataupun sombong, karena setiap bahasa pemrograman memiliki cara berbeda - beda dalam mengimplementasi satu tujuan. Lalu bagaimana belajar sebuah bahasa pemrograman secara efektif ?.

Kuasai materi algoritma & pemrograman

Mungkin untuk yang tidak mengikuti kuliah ataupun sekolah di jurusan IT akan terasa asing dengan materi ini, tetapi jika dijelaskan maksudnya mungkin akan mengerti apa maksud dari materi ini. Algoritma & pemrograman merupakan salah satu materi yang keluar di perkuliahan jurusan IT ataupun sekolah yang memiliki jurusan IT dengan konsentrasi RPL.

Simple story dari materi ini untuk menguasai bagaimana cara menyelesaikan masalah dari langkah awal sampai langkah akhir, sehingga siapapun yang belajar mengenai materi ini akan lebih mudah mengetahui bagaimana cara teknis sebuah program itu bisa berjalan tanpa harus melihat coddingan secara langsung.

Materi ini adalah dasar dari seluruh bahasa pemrograman, mungkin kamu akan diajarkan mengenai bahasa pemrograman pascal ataupun C++ untuk mengimplementasikan sebuah flowchart dan pseudocode yang akan dibuat. Tapi perlu kamu ketahui jika kamu tidak mengerti mengenai materi ini, besar kemungkinan kamu akan sedikit kesulitan dalam mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Karena bahasa pemrograman itu tidak cuman satu ataupun dua, tapi banyak.

Pelajari dahulu basic dan karakteristik bahasa pemrograman

Jika kamu mau efektif dalam belajar sebuah bahasa pemrograman, hal yang mungkin harus kamu lakukan dan mungkin sudah pasti dilakukan oleh beberapa orang yaitu pelajari basic dan karakteristik bahasa pemrograman yang kamu ingin pelajari. Kenapa ?, karena setiap bahasa pemrograman memiliki basic dan karakteristik yang berbeda - beda.

Seperti yang saya tulis diawal bahwa bahasa pemrograman perbedaan yaitu dari karakteristik, ada bahasa pemrograman yang memiliki karakteristik case sensitive dan ada juga yang case non-sensitive. belum lagi tiap bahasa pemrograman memiliki gaya penulisan yang berbeda - beda sehingga jika kamu terlalu lama di bahasa pemrograman pascal mungkin kamu akan sedikit lupa dengan gaya penulisan di bahasa pemrograman visual basic ataupun java.

Setelah karakteristik dari bahasa pemrograman kamu pahami, langsung pelajari basicnya. Jangan langsung membuat sesuatu yang rumit ataupun advance. Karena semua itu berkembang dari basic terlebih dahulu. Jika kamu memiliki uang yang lebih mungkin kamu bisa membeli bukunya di toko kesayangan, tapi jika tidak pastikan kamu memiliki internet yang telah terhubung.

Implementasi dan perhatikan error code yang ada

Dalam proses belajar bahasa pemrograman, melakukan implementasi serta melakukan problem solving dengan memperhatikan error code yang ada adalah salah satu pembelajaran yang sangat efektif. Karena dengan adanya hal tersebut kamu akan terlatih dalam mengimplementasi suatu sistem dengan cepat, mengetahui baris mana saja yang memiliki potensi merusak sistem yang kita buat sehingga terjadi error, sampai menyelesaikan masalah tersebut dengan cara yang tepat.

Mengimplementasi sebuah code merupakan hal yang mudah jika kamu mengerti bagaimana alur sistem yang akan dibuat, kamu hanya perlu menerjemahkannya ke dalam bahasa pemrograman dan mengeksekusi apakah baris code yang dibuat tersebut sudah berjalan sesuai dengan fungsi dari sistem yang di inginkan atau malah tidak berjalan karena kurang titik (.) dan koma (,).

error code yang terdapat pada bahasa pemrograman adalah hal yang sudah pasti dan jelas, namun hanya kita saja yang harus teliti dimana letak kesalahannya karena biasanya error code muncul saat baris tersebut di eksekusi. Jadi perhatikanlah kata demi kata yang ada pada baris tersebut, jika tidak ketemu balik lagi ke baris sebelumnya karena bahasa pemrograman juga memiliki kesalahan yang beruntun sehingga mengalami gagal fungsi pada saat di eksekusi.

Sharring masalah kamu ke orang lain

Jika kamu punya masalah mengenai bahasa pemrograman bahkan kamu tidak mengerti dengan hasil pencarian google kamu, cobalah untuk sharring masalah kamu ke orang lain. Maksud dari orang lain ini adalah orang yang pernah menggunakan bahasa pemrograman yang kamu hadapi saat ini. Sama seperti kita sharring masalah kode cewek ke orang lain, bahasa pemrograman tidak harus curhat ke orang yang pinter pada bidang itu atau ke professor sekalipun.

Sharring dengan orang yang memiliki masalah yang sama juga memiliki potensi untuk mengalami kesalahan itu kembali, sehingga jika kita mengalami masalah tersebut itu kembali mungkin disaat itulah kamu bertanya ke orang lain selain yang kamu tanya pertama kali.

Jadi jika kamu menemui teman kamu memiliki masalah dengan hasil coddingannya, cobalah untuk membantunya. Karena bahasa pemrograman merupakan bahasa yang memiliki kesalahan yang sudah pasti namun memiliki letak yang relatif susah diketahui. Sharring dengan satu orang saja mungkin sudah cukup, akan tetapi jika kamu sharring ke orang yang banyak mungkin ilmu yang kamu dapatkan tidak akan berhenti sampai disitu saja.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel yang sudah saya tulis panjang lebar dan tidak tahu apakah anda mengerti atau tidak, saya menyimpulkan bahwa bahasa pemrograman adalah salah satu ilmu yang tidak susah untuk dipelajari jika memungkinkan. Karena dari sekian banyak bahasa pemrograman yang saya ketahui, bahasa pemrograman memiliki keunikannya masing - masing.

Selain itu bahasa pemrograman juga bukanlah ilmu yang rugi untuk dipelajari, karena semakin berkembangnya teknologi maka semakin dibutuhkan juga bahasa pemrograman sehingga bukan tidak mungkin lahirlah semua bahasa pemrograman baru yang menyebabkan berubahnya tren di masa depan.

Tentang Penulis

Gravatar Profile Image

Ambrizal Suryadinata

Perkenalkan nama saya Ambrizal Suryadinata lahir pada tanggal 19 Agustus 199x di Denpasar, Bali. Jika ditanya "asal kamu dari mana ?" maka saya akan bingung menjawabnya karena bapak dari orang tua saya adalah orang kelahiran Bali dan ibu dari orang tua saya adalah orang kelahiran jawa.

Read more Open Linkedin

Recent Comment



Instagram