Hari ini saya akan membagikan sebuah aplikasi java sederhana yang merupakan sebuah tugas dari mata kuliah OOP (Object Oriented Programing), pada file yang akan saya bagikan terdapat ada sedikit catatan yaitu diantaranya :

OOP1 (Dasar OOP)

Siapapun yang mengambil mata kuliah OOP pasti akan mendapatkan sedikit informasi tentang dasar - dasar OOP, dasar - dasar ini pasti akan digunakan saat membuat sebuah aplikasi berdasarkan Pemrograman Berorientasi Object (Object Oriented Programing).

Hal - hal yang diperkenalkan antara lain yaitu :

  1. Class
  2. Variable
  3. Method
  4. Konstruktor
  5. Parameter
  6. Object

OOP 2 (Pengembangan dari Dasar OOP)

Setelah dasar - dasar dari OOP sudah diketahui dan dipahami, maka masuklah kedalam pengembangannya. Pada project yang saya bagikan terdapat dua class yang dimana terdapat :

  1. Enkapsulasi
  2. Set Get
  3. Inheritance (class turunan)

OOP 3 (Pengembangan dari Konstruktor)

Serupa dengan OOP 2, pada OOP 3 merupakan pengembangan dari konstruktor. Pada OOP3 terdapat 2 Package yang masing - masing package memiliki class lebih dari satu. Setiap package memiliki tujuan pembuatan yang berbeda yaitu :

  1. Overriding
  2. Overloading

OOP 4 (Aplikasi Sederhana)

Pada OOP 4, terdapat sebuah aplikasi sederhana yang sudah terhubung dengan database. Seluruh fungsi dan cara untuk menghubungkan antara form dengan database telah tersedia pada project ini.

Untuk mengunduhnya kalian bisa mengunjungi link ini melalui akun google drive atau melalui github pada link ini, jika terdapat pertanyaan kalian bisa menghubungi saya.

Terima kasih.

Tentang Penulis

Gravatar Profile Image

Ambrizal Suryadinata

Perkenalkan nama saya Ambrizal Suryadinata lahir pada tanggal 19 Agustus 199x di Denpasar, Bali. Jika ditanya "asal kamu dari mana ?" maka saya akan bingung menjawabnya karena bapak dari orang tua saya adalah orang kelahiran Bali dan ibu dari orang tua saya adalah orang kelahiran jawa.

Read more Open Linkedin

Recent Comment