Memiliki ilmu teori yang besar dan dapat memahami bagaimana sebuah website bekerja mungkin tidak akan sempurna rasanya jika kita tidak melakukan sebuah implementasi terhadap ilmu dan pemahaman yang kita dapatkan, dengan modal tersebut saya memberanikan diri untuk membuat sebuah eksperimen membuat sebuah website pribadi dengan menggunakan platform laravel.

27 Agustus 2017 merupakan tanggal awal dimana eksperimen pertama dilakukan, seluruh aktivitas pada eksperimen pertama ini bisa dilacak melalui repository github yang telah dibuat dengan nama personal-web.

Sekilas mengenai eksperimen yang saya buat :

Aplikasi web ini dibuat menggunakan laravel dengan tujuan untuk membuat sebuah website pribadi, dimana website tersebut memiliki fitur seperti :

  • Blog
  • Project
  • Page Builder

Dari ketiga poin yang telah saya rencanakan, saat ini hanya baru terimplementasi dua fitur yaitu blog dan page builder dengan beberapa fungsi yang menurut saya juga masih sangat kurang. Ya butuh perjuangan berat jika kita baru saja terjun ke dunia yang masih baru. Dengan semangat dan rasa ingin tahu yang terlalu tinggi, saat ini saya masih mengerjakannya dan tercatat masih menduduki versi 0.4.9 dengan versi UI 0.9.26.

Penomoran tersebut menurut saya juga memiliki arti dimana versi UI dan versi aplikasi tersebut akan mendekati sempurna jika telah menduduki versi 1.0.

Bagaimana kekurangannya saat ini ?.

Tidak ada sistem yang sempurna di dunia ini, tapi pengembang akan selalu memperbaikinya jika ke tidak sempurnaan tersebut telah ditemui. beberapa saat lalu sebelum saya menaikan versi 0.4.9 ke versi 0.5 ternyata saya mengalami kendala yang mengharuskan menetap di versi 0.4.9 diantaranya yaitu :

  1. Terdapat kesalahan dalam mengeksekusi query pertama (tidak berlaku untuk selanjutnya) untuk memberikan penomoran ID pada table yang tersedia. Kesalahan ini hanya terjadi pada DBMS Postgresql dan tidak terjadi pada DBMS MySQL. Solusi sementara telah dideploy pada layanan heroku, namun hingga saat ini hal tersebut masih terjadi dalam kasus tertentu.
  2. Tampilan kolom komentar masih terlalu besar dan tidak ideal untuk seluruh perangkat yang ada, nilai user experience menjadi kurang karena hal ini dan akan diupdate pada versi UI selanjutnya.
  3. Tidak ada proses melakukan crop gambar cover agar menjadi thumbnail saat thumbnail gambar dari sebuah artikel tidak diupload, saya tahu bahwa ini akan membuat beberapa orang tidak menyukainya. Namun untuk menjaga keseimbangan user experience setiap thumbnail yang tidak diupload akan mengarah langsung ke thumbnail default.

Ingin mencoba ?

Untuk mencobanya anda dapat mengunjungi repository github yang telah saya buat dengan nama personal-web pada akun personal github saya, anda perlu membaca file readme.md untuk langkah - langkah instalasinya.

Download project : personal-web.zip
Version : App version 0.4.9 & UI Version 0.9.26
Framework : Laravel 5.5 (Latest)

Tentang Penulis

Gravatar Profile Image

Ambrizal Suryadinata

Perkenalkan nama saya Ambrizal Suryadinata lahir pada tanggal 19 Agustus 199x di Denpasar, Bali. Jika ditanya "asal kamu dari mana ?" maka saya akan bingung menjawabnya karena bapak dari orang tua saya adalah orang kelahiran Bali dan ibu dari orang tua saya adalah orang kelahiran jawa.

Read more Open Linkedin

Recent Comment