TicWatch E - Smartwatch Android Wear Paling Murah dan Worth It

IT Stuff

android, wearos, Smartwatch, ticwatch,

TicWatch E - Smartwatch Android Wear Paling Murah dan Worth It

IT Stuff

10/05/2019 06:23

android, wearos, Smartwatch, ticwatch,

Jam tangan merupakan salah satu aksesoris yang saat ini fungsi utamanya adalah untuk melihat waktu dan kalender, fungsi lain dari jam tangan juga digunakan untuk sekedar pelengkap busana ataupun hal lainnya seperti tanda sebuah pencapaian. Namun karena perkembangan teknologi yang sudah terlalu cepat dan tidak terkontrol menyebabkan jam tangan dipaksa untuk sedikit berevolusi dan memperluas fungsinya yang hanya sekedar untuk melihat waktu dan kalender, mungkin beberapa orang sudah mengenal yang namanya smartwatch atau jam tangan pintar yang biasa digunakan untuk activity tracker untuk pecinta olahraga ataupun hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan kelengkapan gadget. Produk dari jam pintar ini juga sudah mulai banyak beredar dipasaran mulai dari yang termurah milik evercoss dan yang termahal seperti apple watch, memang jika sedikit anda perhatikan tidak semua jam tangan pintar memiliki kapasitas baterai yang awet bahkan juga akan terlihat semakin mahal maka akan semakin boros baterainya. Saya sendiri akan memakluminya karena dahulu saya juga pernah memiliki smartwatch amazfit bip namun fitur yang ditawarkan tidak seperti smartwatch pada umumnya, mungkin karena terlalu banyaknya fitur yang tidak di imbangi dengan kapasitas baterai yang besar sedangkan kapasitas baterai yang besar juga menyebabkan perangkat menjadi lebih berat lagi.

Setahun saya menggunakan amazfit bip sebagai daily driver cukup puas, ya meskipun amazfit bip hanya merupakan smartwatch basic layaknya smartband namun dengan beberapa pertimbangan saya memilih untuk menggantinya. Setelah lama berselancar di internet akhirnya saya menemukan satu smartwatch yang menurut saya tidak terlalu murah apalagi tidak terlalu mahal ya harganya masih normal untuk kisaran smartwatch dengan fitur - fitur yang lumayan lengkap dan tidak seperti perangkat pertama yang saya coba.

Perkenalkan Ticwatch E atau TicWatch Express merupakan smartwatch keluaran mobvoi yang menggunakan sistem operasi android wear atau lebih dikenal sebagai wear os dengan harga yang terjangkau dan sangat pantas untuk dihargai Rp. 1.800.000 (satu juta delapan ratus ribu rupiah). Karena ini menggunakan sistem operasi android wear atau wear os, maka smartwatch ini juga dapat digunakan di perangkat selain android misalnya seperti iPhone dengan menggunakan aplikasi wear os, sebelum mengulas lebih lanjut coba untuk melihat spesifikasi dasar yang digunakan oleh smartwatch ini untuk menjalankan sistem operasinya.

Spesifikasi

Impresi Pertama

Saat saya membuka paket penjualannya, ya saya begitu terkejut karena bahan material paket penjualan yang digunakan untuk membungkus perangkat ini menggunakan besi atau logam secara tidak langsung saya menjadi tidak khawatir karena jelas pasti akan terlindungi dengan baik dibanding menggunakan kotak tipis biasa. Sungguh lengkap tapi sangat disayangkan saya lupa untuk mendokumentasikannya karena sudah terlanjur tidak sabaran untuk melihat perangkatnya, kalau dilihat dari paket penjualan isinya berupa :

  1. Smartwatch TicWatch E
  2. Kartu Garansi
  3. Lembar Pelaksana Garansi dari Unicom Care
  4. Magnetic Dock Charging
  5. Anti Gores

Persiapan Pertama

Bukan smartwatch namanya jika tidak ada persiapan pertama, pada umumnya smartwatch akan meminta untuk dihubungkan ke aplikasi yang terinstall pada smartphone anda. Yang membuat smartwatch dengan sistem operasi wear os dengan yang tidak menggunakan sistem operasi tersebut hanya terletak di kemudahan pemasangan, anda hanya cukup menggunakan satu aplikasi yang bernama wear os untuk menghubungkan smartwatch yang menggunakan sistem operasi wear os dan ini berlaku untuk seluruh perangkat wearable yang mendukung. Pada awal persiapan perangkat harus di isi baterainya terlebih dahulu, karena tidak banyak baterai yang tersisa saat pertama kali saya menggunakan. Sedikit himbauan atau pemberitahuan pada perangkat TicWatch E atau mungkin smartwatch lainnya anda tidak direkomendasikan menggunakan charger dengan spesifikasi diatas 5V 1A atau yang mendukung teknologi fast charging atau sejenisnya, mungkin ini terdengar aneh tapi setelah diperhatikan himbauan tersebut menyinggung akan menyebabkan charger bermasalah ataupun baterai yang bermasalah.

Pengisian baterai juga berlangsung cukup cepat tidak perlu lama - lama dan hanya membutuhkan waktu 30 menit agar TicWatch E bisa mengisi baterai sampai penuh, setelah sedikit himbauan tersebut persiapan dapat dilanjutkan ke proses pairing device ke smartphone pada aplikasi yang telah di install pastikan nama aplikasinya ada wear os. Ikuti seluruh petunjuk yang ada dan lama proses persiapan sekitar 25 menit hingga 1 jam tergantung kondisi dari kedua perangkat. Sebagai pengingat jika anda menggunakan smartwatch dengan wear os pastikan seluruh aplikasi sudah diperbarui, karena pembaruan tersebut akan meningkatkan performa smartwatch dan kalau bisa jangan di tunda - tunda karena proses pembaruan yang terlalu banyak akan menyebabkan smartwatch tidak responsif.

Desain

Saya bisa akui bahwa desain TicWatch E merupakan desain yang biasa - biasa saja, tidak wah dan tidak jelek apalagi kehadiran strap karet alias rubber membuat smartwatch ini semakin terlihat biasa - biasa saja. Saya bilang biasa - biasa saja karena memang material yang digunakan plastik mungkin polycarbonate ya ntahlah saya tidak tahu, tapi jika dibandingkan dengan smartwatch lama saya ya mirip - mirip bahan bodynya. Untuk layar mungkin berbeda karena menggunakan OLED sehingga fitur always on display bisa kamu gunakan tanpa takut baterai cepat habis, mungkin yang terlihat sama dilayar hanya proteksi layarnya karena kalau ditulis dispesifikasi ya cuman anti gores tanpa embel - embel corning gorilla glass atau kingkong.

Karena strapnya yang biasa saja akhirnya saya ganti dengan strap berbahan dasar keramik berwarna hitam, ini saya lakukan karena smartwatch ini memiliki strap yang dapat dilepas. Jadi jika anda ingin menggantinya cukup cari ukuran yang pas sebesar 20mm di toko online kesayangan anda atau bisa juga di toko - toko jam konvensional dekat rumah anda.

Daya Tahan Baterai

Karena saya memiliki profil orang yang sangat - sangat super malas sekali dalam melakukan olahraga harap memaklumi bahwa saya tidak mencantumkan ulasan mengenai fitur activity tracker yang terdapat pada smartwatch ini, namun akan saya jadikan satu pada bagian daya tahan baterai. Mengapa saya cantumkan pada daya tahan baterai?, jawabannya sangat sederhana yaitu perbedaan konsumsinya sangat signifikan. Jika dibandingkan hanya digunakan sebagai push notification, berinteraksi dengan notifikasi, buka tutup untuk lihat jam klaim mobvoi atas ketahanan baterai dari perangkat ini memang akurat. Namun sedikit disayangkan bahwa jika smartwatch ini digunakan untuk activity tracker, anggap saja activity tracker yang saya maksud adalah untuk mendeteksi langkah kaki hingga menggunakan gps sebagai rute jogging (aslinya saya naik motor) membuat baterainya cepat habis. Apalagi jika anda hubungkan ke wifi untuk sekedar pembaruan aplikasi atau dalam kondisi darurat untuk menghubungi smartphone anda jika lupa naruh, ya baterainya akan serasa cepat sekali habis bahkan jika itu ditinggal tidur.

Mungkin anda dapat mengakalinya dengan tidak menggunakan always on display atau tidak memutar musik melalui smartwatch (pengontrol pemutar media tidak mempengaruhi secara signifikan) atau jika ingin lebih bagus lagi gunakan watch face yang kaya dengan kegelapan dalam kata lain hitam putih, apakah ini karena menggunakan chipset mediatek?. Saya rasa tidak, bahkan untuk yang menggunakan chipset snapdragon saja klaim mobvoi pada Ticwatch E2 (seri penerus TicWatch E) juga sama pada 1 - 2 hari standby.

Kesimpulan

Bagi saya smartwatch dengan harga 1.8jt yang tidak termasuk ongkos kirim ini sangat worth it untuk digunakan oleh orang yang mungkin baru kenalan dengan ekosistem smartwatch, memang smartwatch dengan harga segini mungkin belum bisa diharapkan terlalu berlebihan karena spesifikasi yang ditawarkan masih belum mempuni dalam sektor penggunaan baterai yang begitu boros kata penjual jam konvensional. Namun jika anda adalah seseorang yang paling benci ngecharge barang yang satu ini secara terus menerus setiap harinya, mungkin jam ini tidak cocok untuk anda bahkan untuk yang gemar olahraga sekalipun karena jam ini tidak di desain untuk melakukan activity tracker secara detail ya mungkin fitur ini cuman pelengkap saja biar ada. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang berniat untuk membeli smartwatch ini atau untuk yang lagi cari - cari smartwatch saya sangat tidak sarankan untuk membeli yang ini tapi mungkin saya bisa sarankan untuk generasi terbarunya seperti TicWatch E2.