MIUI merupakan custom rom buatan xiaomi yang ditujukan ke seluruh jajaran produk smartphonenya, bulan ini xiaomi merilis versi barunya yaitu versi 9 dimana versi ini bisa dikatakan sebagai penyempurna dari versi 8 dan sebagai jembatan untuk mengupgrade sistem operasinya dari android marshmallow (android 6.0) ke android nougat (android 7.0) secara utuh.

Dari beberapa fitur yang baru ditawarkan sampai yang diperbarui, saya hanya mendapati beberapa experience yang mungkin layak untuk dishare ke dalam sebuah tulisan berikut adalah fiturnya.

Pembaruan aplikasi SMS

Aplikasi perpesanan singkat yaitu SMS memiliki pembaruan yang mungkin bisa dibilang gak terlalu wah tapi untuk saya ini lumayan, membuat pesan yang teroganisir berdasarkan tanggal membuat pesan - pesan lama bisa di filter.

Yang kurang pada pembaruan ini hanyalah tidak dapat memilih pesan berdasarkan tanggal padahal jika pemilihan pesan berdasarkan tanggal dapat dilakukan, maka ini akan mengurangi sedikit waktu untuk menghapus satu persatu.

Pembaruan dalam proses membuka aplikasi

Oke saya tidak tahu apa nama asli dari fitur ini, akan tetapi pembaruan ini sangat jelas terasa saat baru melakukan upgrade dari MIUI 8 Ke MIUI 9. Apa yang mungkin saya rasakan mungkin akan terasa juga oleh para pengguna MIUI 9 yang baru saja melakukan upgrade dari MIUI 8.

Kecepatan dalam membuka aplikasi sangatlah cepat dari versi sebelumnya, meskipun anda harus memiliki banyak free space RAM dalam mencobanya namun setelah dicoba mungkin cara menggunakan smartphone anda akan berubah.

Yang kurang dari pembaruan ini sepertinya tidak ada, kalaupun ada yang mengatakan bahwa membuka aplikasi masih berat tapi jawaban tersebut masih relatif.

Pembaruan panel notifikasi

Awalnya saya mengira bahwa panel notifikasi pada MIUI 9 tidak mengalami perubahan sama sekali karena bentuk dan designnya yang hampir mirip dengan versi sebelumnya, setelah ditelusuri ternyata terdapat satu pembaruan kecil yang mungkin hampir sama seperti pembaruan aplikasi SMS.

Anggap saja itu seperti folder notifikasi tidak penting yang dimana isi notifikasi dari folder tersebut tidak penting, itupun kita bisa ubah notifikasi mana yang tidak penting untuk ditempatkan pada folder tersebut.

Penambahan fitur split screen

Penambahan fitur yang menurut saya agak berguna adalah fitur split screen, berbicara mengenai split screen mungkin diantara seluruh pengguna smartphone high end pasti pernah menggunakan fitur split screen untuk menjalankan dua aplikasi dalam satu layar.

Fitur ini benar - benar bisa berjalan dengan baik untuk melakukan hal tersebut, namun itu hanya sebatas untuk beberapa aplikasi saja selebihnya mungkin ada yang tidak bisa berjalan sama sekali.

Yang lain ?

Sebenarnya MIUI 9 membawa banyak sekali update baik itu stabilitas, fitur dan lain sebagainya. Namun saya lebih merasakan poin - poin diatas dibanding yang lain karena poin tersebut yang saya sering gunakan pada MIUI 9 dan selebihnya tidak digunakan sama sekali.

Tentang Penulis

Gravatar Profile Image

Ambrizal Suryadinata

Perkenalkan nama saya Ambrizal Suryadinata lahir pada tanggal 19 Agustus 199x di Denpasar, Bali. Jika ditanya "asal kamu dari mana ?" maka saya akan bingung menjawabnya karena bapak dari orang tua saya adalah orang kelahiran Bali dan ibu dari orang tua saya adalah orang kelahiran jawa.

Read more Open Linkedin

Recent Comment