jQuery merupakan javascript libraries yang sudah rilis pada 12 tahun lalu (26 Agustus 2006, Google) dan masih digunakan sampai saat ini untuk keperluan pembelajaran ataupun komersil dalam bentuk website. Memang kepopulerannya sudah mulai meredup setelah beberapa framework javascript seperti react ataupun vuejs lahir.

Belajar sebuah bahasa pemrograman javascript memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tapi kalau sudah lama - kelamaan mungkin akan terbiasa, seperti saya yang cara pembelajarannya mungkin sedikit salah karena saya langsung belajar menggunakan jQuery tanpa belajar javascript dasarnya.

Untuk bahasa pemrograman tidak ada sesuatu yang benar mau belajar yang ini atau yang itu terlebih dahulu, namun tidak dipungkiri sesuatu hal yang dasar akan sangat diperlukan disaat kita membuat sesuatu yang lebih kompleks.

Saat tuntutan pekerjaan memaksa kita dalam mempercepat proses pengembangan sebuah aplikasi, kita sebagai developer juga harus bisa melakukan hal itu maka dari itu terbitlah plugins - plugins yang bisa membantu para developer untuk mempercepat pengembangan sebuah aplikasi.

jQuery Plugins ini bisa diibaratkan sebagai framework yang siap pakai dan hanya perlu sedikit konfigurasi agar bisa berjalan sebagaimana mestinya, seperti layaknya kita membeli sebuah lemari rakitan dengan lemari yang sudah jadi (abaikan saja jika ini tidak penting).

Beberapa plugins yang ada pada daftar ini merupakan plugins yang sudah sering sekali digunakan oleh beberapa orang termasuk teman saya atau saya sendiri, jadi jika kebetulan anda membutuhkannya mungkin artikel ini bisa dijadikan sebagai daftar referensi plugins jQuery untuk pengembangan sebuah website.

Morris JS

Pengguna AdminLTE pasti setidaknya pernah melihat kata - kata “Morris JS” di halaman demo templatenya, morris js sendiri merupakan sebuah plugins jQuery yang digunakan untuk menampilkan grafik chart.

Penggunaannya pun tergolong cukup mudah dan dapat diaplikasikan langsung ke server-side tanpa perlu melakukan codding yang cukup keras, tapi sedikit disayangkan bahwa morris JS sudah tidak dikembangkan lagi oleh penulisnya sehingga mungkin penggunaan morris.js akan sedikit ketinggalan jaman.

Chart JS

Charts JS merupakan plugins yang hampir sama seperti Morris JS hanya saja plugins ini masih disupport oleh penulisnya, cara penggunaannya pun relatif sama seperti morris namun memiliki fitur yang lebih lengkap dari morris js.

Chart JS termasuk jQuery plugins yang banyak digunakan saat ini karena beberapa teman bahkan saya sendiri juga menggunakan chart js, jika anda disuruh memilih untuk menggunakan yang mana mungkin jawabannya adalah tergantung kebutuhan saja.

DataTables

jQuery plugins yang satu ini merupakan jQuery plugins paling populer dan banyak yang menggunakannya untuk keperluan sistem yang biasa sampai keperluan sistem yang kompleks, DataTables merupakan jQuery plugins paling populer yang berfungsi untuk menampung data ke dalam sebuah tables secara realtime.

Banyak template yang mengadopsi plugins ini dan dimodifikasi agar dapat sesuai dengan tampilannya, sehingga tidak heran banyak yang menggunakannya bahkan memodifikasinya agar bisa sesuai dengan kebutuhan.

Select2

jQuery plugins yang sangat berguna saat digunakan untuk melakukan pencarian data pada sebuah textbox tanpa memanggil seluruh data yang terdapat pada database, select2 juga bisa digunakan tanpa mode server side.

Bootstrap Datepicker

Bootstrap Datepicker merupakan plugins datetime picker yang berfungsi untuk membuat tampilan kalender pada sebuah textbox untuk dipilih dan tanggal yang dipilih akan ditempatkan pada textbox yang ditarget.

Penggunaan bootstrap datepicker juga hampir populer diseluruh website khususnya pada pendaftaran anggota ataupun member pada sebuah website, tak jarang bootstrap datepicker juga sebuah solusi yang bagus.

Moments JS

Moments JS merupakan plugins untuk beberapa orang yang kesulitan melakukan konversi format tanggal dan waktu ke format tertentu, biasanya ini digunakan untuk hal - hal tertentu seperti menyamakan format datetime dengan format datetime pada database dan hal - hal lainnya.

Meskipun plugins ini memiliki fungsi yang tidak terlihat tapi ini cukup berguna sekali untuk beberapa orang yang malas melakukan format datetime menggunakan jQuery atau meminimalisir penulisan kode yang sama.

Penutup

Daftar ini merupakan pemikiran dari beberapa orang terdekat saya dan pemikiran saya sendiri, jika ada yang tidak berpendapat pada tulisan artikel ini mungkin anda tidak perlu membacanya karena ini hanyalah daftar jQuery Plugins yang bisa dijadikan referensi.

Tentang Penulis

Gravatar Profile Image

Ambrizal Suryadinata

Perkenalkan nama saya Ambrizal Suryadinata lahir pada tanggal 19 Agustus 199x di Denpasar, Bali. Jika ditanya "asal kamu dari mana ?" maka saya akan bingung menjawabnya karena bapak dari orang tua saya adalah orang kelahiran Bali dan ibu dari orang tua saya adalah orang kelahiran jawa.

Read more Open Linkedin

Recent Comment