Setelah sebelumnya saya pernah membuat sebuah eksperimen pertama menggunakan laravel dalam membuat website peribadi, saya memberanikan diri untuk mencoba membuat sebuah aplikasi berbasis website dengan bahasa pemrograman yang lain seperti ruby. Perlu saya akui memang saya belum begitu mahir dalam membuat sebuah aplikasi dengan bahasa ruby namun dengan beberapa bantuan yang saya terima melalui sebuah workshop dan teman, akhirnya saya mencoba untuk langsung belajar teori sederhana ruby dan langsung terjun menggunakan framework rails.

Impresi pertama setelah belajar menggunakan bahasa pemrograman ruby dan langsung mencoba framework rails, codding yang dibuat terlihat lebih rapi dan cenderung lebih paham untuk dimengerti karena hampir semua syntax yang terdapat pada bahasa ruby menggunakan kosa kata bahasa inggris.

System Requirements

Sebelum mencoba project ini sangat saya sarankan untuk memahami kebutuhan sistem yang diperlukan, yaitu :

  1. Ruby v2.2
  2. Rails v5.2
  3. MySQL DBMS

Beberapa packages seperti bootstrap dan devise digunakan untuk mempercepat proses pembuatan dan hanya bertujuan untuk memperkenalkan bagaimana aplikasi dengan menggunakan framework rails pada bahasa ruby bisa bekerja.

Source

Tentang Penulis

Gravatar Profile Image

Ambrizal Suryadinata

Perkenalkan nama saya Ambrizal Suryadinata lahir pada tanggal 19 Agustus 199x di Denpasar, Bali. Jika ditanya "asal kamu dari mana ?" maka saya akan bingung menjawabnya karena bapak dari orang tua saya adalah orang kelahiran Bali dan ibu dari orang tua saya adalah orang kelahiran jawa.

Read more Open Linkedin

Recent Comment