Ada sebuah cita - cita yang daridulu saya impikan selama melihat sebuah jam yang memiliki fitur layaknya smartphone oleh sebuah perusahaan komputer ternama, karena melihat harganya yang fantastis dan mengejutkan untuk fungsi yang menurut saya “heleh gitu aja mahal amat” membuat saya selalu gagal menabung untuk membeli jam tersebut.

Waktu telah berjalan, sudah berapa banyak smartphone yang rusak karena kesalahan saya sendiri namun cita - cita tersebut belum terwujud juga. Tanggal 17 Agustus 2018, saya sempat melihat sebuah video yang menunjukkan bahwa ini loh smartwatch murah dibawah 1 jutaan. Tengok sana - sini dan memang ternyata benar harganya dibawah dan mendekati 1 juta.

Amazfit Bip merupakan sebuah smartwatch buatan perusahaan huami (bukan xiaomi) yang memiliki beberapa fitur menarik layaknya smartwatch mahal kebanyakan dengan harga Rp. 875.000 (tidak termasuk ongkir dan ppn), karena murah dan stylenya yang memang saya sukai akhirnya saya putuskan untuk membeli smartwatch ini.

Impresi pertama saya melihat smartwatch ini yaitu aduh cakep bener, udah kotak pake layar lengkung - lengkung segala uy di setiap sisinya. body bisa dibilang bagus tapi saya sendiri masih kurang seneng sama layarnya yang kalau diperhatikan backlight layarnya bikin pemandangan dari jauh kayak keliatan tebel banget garis tepinya. padahal saya sendiri masih bisa berasumsi andai saja backlight layarnya gak segitunya, pasti ini smartwatch keren abis.

Impresi kedua setelah mencoba amazfit bip ketika lampu layarnya atau backlightnya mati, clock face atau tampilan jam dari amazfit bip masih bisa terlihat ya meskipun kita perlu pencahayaan dari luar kayak sinar matahari atau lampu rumahan. Sebenarnya dengan fitur ini amazfit bip bisa hemat daya sekitar 40% sampai 60% jika brightness atau tingkat kecerahan yang digunakan rendah, tapi karena saya belum mencoba selama satu bulan saya sih berharap saja semoga amazfit bip yang saya gunakan memang bisa tahan sampe 1 bulan, eh jangan sebulan 3 minggu aja sudah senang.

Impresi ketiga setelah muter sana dan muter sini untuk ngatur amazfit bip lewat aplikasi Mi Fit, saya dapat mengatakan bahwa amazfit bip bukanlah smartwatch yang bener - bener powerfull. Ya kenapa tidak powerfull ?, Karena disamping sebagai fitness tracker (yang notabene gak bakalan gue pake seumur hidup) beberapa fitur seperti push notification pada smartwatch ini hanya sebatas push notifikasi yang ada di hape ke smartwatch.

Ya ngepush doang gak bisa bales chat apalagi pake angkat telepon, eh tapi untuk telepon kita bisa ngerejectnya langsung dari smartwatch ini namun masalahnya kita gak bisa ngelihat siapa sebenarnya yang lagi nelepon pada layar smartwatch. Bagi saya itu ya gak masalah, namanya juga smartwatch murah masa kita harus ngarep banyak ya nggak kan ?.

Ada harga dan ada kualitas, kata - kata itu masih berlaku untuk smartwatch ini tapi sekali lagi saya masih senang menggunakan smartwatch ini karena kebutuhan saya cuman untuk ngeliat jam dan liat notifikasi biar kalau dijalan saya tinggal liat jam doang. Kalau misalnya anda butuh smartwatch yang bisa dipake untuk ngangkat telepon, balas chatting gitu atau bisa dipake peta ya saya sarankan untuk cari smartwatch lain dan kalau bisa yang sudah ada sistem operasinya.

Terima kasih anda sudah mau meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda baik itu sebagai sumber referensi atau lainnya.

Tentang Penulis

Gravatar Profile Image

Ambrizal Suryadinata

Perkenalkan nama saya Ambrizal Suryadinata lahir pada tanggal 19 Agustus 199x di Denpasar, Bali. Jika ditanya "asal kamu dari mana ?" maka saya akan bingung menjawabnya karena bapak dari orang tua saya adalah orang kelahiran Bali dan ibu dari orang tua saya adalah orang kelahiran jawa.

Read more Open Linkedin

Recent Comment